Kesuksesan Implementasi Sistem ERP


Demikian juga pada UKM, beberapa peneliti di luar Indonesia berusaha mengetahui korelasi peningkatan proses bisnis dengan kemungkinan suksesnya sistem ERP (Muscatello et al., 2003; Quiescenti et al., 2006;Olson and Staley, 2011; dan Zach et al., 2012 ). Sedangkan Koh dan Loh (2004) menyatakan faktor kritis sukses pada tahap proyek di UKM adalah BPR dan kostumisasi yang minimal.Perusahaan memerlukan software ERP untuk memudahkan pendataan dan sebagainya maka dari itu jasa pembuatan software erp jakarta bisa membantu perusahaan dalam pembuatan software erp. Selain BPR, keseragaman sistem informasi merupakan faktor kunci sukses ERP (Rajagopal, 2002). Bila sistem informasi lama yang terpasang terdiri dari platform teknologi yang berbeda, perubahan teknis yang dibutuhkan saat implementasi akan tinggi dan resiko kegagalan juga menjadi tinggi.


Malhotra and Temponi (2009) mengidentifikasi keputusan penting ketika mengimplementasikan ERP pada UKM adalah struktur tim proyek, strategi implementasi, dan strategi konversi database.Teknologi semakin maju sekarang untuk pendataan barang dan pendataan lainnya bisa menggunakan software,yaitu menggunakan software erp,jasa pembuatan software erp bisa menjadi solusi untuk perusahaan yang membutuhkannya. Kerena implementasi ERP mengintegrasikan informasi, proses berbasis informasi, dan seluruh area fungsional di organisasi, maka dukungan dari semua bagian fungsional organisasi dalam proses implementasi ini sangat penting (Ang et al., 1995; Zhang et al., 2003). Setiap orang dan departemen bertanggung jawab terhadap sistem secara keseluruhan dan pengguna kunci dari berbagai departemen dipastikan berkomitmen pada proyek implementasi.


Program pelatihan sangat vital dalam mencapai suksesnya implementasi ERP. Titik kritisnya adalah pelatihan pertama harus fokus pada proses yang terhubung pada sistem ERP, kemudian mengajarkan fitur dan fungsi sistem ERP. Hasil penelitian Esteves (2013) menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan lokasi berdampak pada relevansi pelatihan best practice sistem ERP.

Komentar

Postingan Populer