Pengertian Periklanan dan Contoh-Contohnya




Menurut Jefkins, periklanan ialah sesuatu yang harus mampu membujuk khalayak ramai, agar berperilaku sedemikian rupa sesuai dengan strategi perusahaan untuk mencetak penjualan dan keuntungan, media periklanan yang sedang ramai saat ini adalah media mainstream yang biasanya disediakan oleh jasa social media marketing.  Secara umum tujuan periklanan ialah untuk menyampaikan pesan kepada konsumen mengenai segala macam sesuatu yang dapat dipasarkan, seperti sesuatu yang informatif, mengingatkan, membujuk serta dapat memuaskan keinginan dan memenuhi kebutuhan konsumen Lamb dan Hair. Media-media periklanan menurut Hair dan Lamb antara lain televise, interent, media luar ruang, radio, majalah, dan koran.


Iklan Online

Iklan Online terbagi dalam beberapa bentuk, antara lain Video Advertising, Sponsorship, Direct Advertising, Self Service Advertising, dan Contextual Advertising. Menurut Kotler dan Amstrong , Salah satu kelebihan promosi iklan secara online ialah saat ini internet merupakan media yang tumbuh secara cepat, sehingga dapat menjangkau target pemirsa yang sempit, mayoritas memerlukan jarak waktu yang pendek dalam membuat iklan dengan web, biaya pengeluarannya yang relatif murah. Selain dengan media iklan yang sudah biasa saat ini ada digital adevertising Indonesia.Sedangkan kekurangannya adalah, saat ini tidak semua calon konsumen dapat mengakses internet, sulit untuk mengukur efektivitas serta pengembalian investasi dan yang terakhir ialah eksponsur iklan bergantung kepada “klik melalui” judul pada iklan.


Keputusan Pembelian

Pemasar perlu mengetahui siapa yang terlibat dalam keputusan membeli dan peran yang dimainkan oleh setiap orang. Setiap keputusan yang diambil oleh konsumen dalam memilih dan membeli suatu produk merupakan kumpulan dari beberapa Keputusan-keputusan tersebut harus dikaji oleh seorang pemasar melalui penyusunan keputusan membeli secara keseluruhan yang dijadikan pertimbangan oleh konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.


Komentar

Postingan Populer