Aktivitas Content Cereating dalam Branding




Owner jasa social media marketing menejelaskan aktivitas penjualan produk digital pada proses Content Creating maupun Content Packaging di atas lebih bersifat satu arah (push system), dalam arti kata perusahaan menawarkan produknya secara massal kepada pelanggan (mass product). Dalam mekanisme ini, yang dilakukan pelanggan adalah membeli produk-­‐produk digital hasil kemasan dari perusahaan yang bersangkutan dengan harga tertentu. 


Dalam mekanisme ini, pilihan pelanggan hanya terbatas pada jenis-­‐jenis produk yang telah dikemas tersebut. Pelanggan tidak dapat memilih sendiri kompilasi entiti-­‐entiti digital sesuai dengan kemasan khusus yang diinginkannya. Oleh karena itulah muncul proses jenis ketiga yang berupa sebuah pelayanan yang memungkinkan pelanggan untuk mengemas sendiri entiti-­‐entiti digital yang ada (pull system) sesuai dengan selera dan keinginan uniknya masing-­‐masing. Beberapa perusahaan telah sukses mengimplementasikan konsep Market Creation ini dengan cara menawarkan beberapa jasa.


Setelah media transmisi dimiliki, hal lain yang dibutuhkan adalah sistem pendukung untuk mengaplikasikan proses-­‐proses transaksi jual beli seperti sistem pembayaran elektronik, sistem otorisasi kartu kredit, sistem administrasi kontrak jual beli, dan lain sebagainya.

Sehubungan dengan hal ini, banyak perusahaan yang menawarkan jasanya untuk menjadi mitra bisnis bagi perusahaan-­‐perusahaan lain untuk membantu mereka dalam menyediakan aplikasi-­‐aplikasi pendukung yang dibutuhkan untuk melaksanakan transaksi jual beli.  Contohnya adalah perusahaan yang menawarkan jasa social media marketing, aplikasi keranjang belanja (shopping cart), apliaksi pembayaran dengan uang elektronik (e-­‐cash), aplikasi pengurusan dokumen jual beli dalam proses pengadaan (e-­‐procurement), dan lain sebagainya.

Komentar

Postingan Populer