Berwirausaha dengan Menggunakan Media Sosial


Tulisan ini bertujuan untuk membahas mengenai konsep dan ide baru serta peluang dan tantangan dari pemasaran secara digital dalam kewirausahaan. Setelah dilakukan pembahasan didapat bahwa pemasaran digital memiliki hubungan yang sangat erat dengan kewirausahaan, dimana kedua item tersebut memiliki target yang sama. Kemudian pemasaran digital merupakan bagian dari aktifitas kewirausahaan. Pemasaran digital memiliki peluang yang sangat besar dalam pengembangan dunia usaha mulai saat ini hingga dimasa depan dimana target pasar sudah bertransformasi ke platform digital. Sedangkan tantangan yang harus dihadapi oleh dunia usaha ketika melaksanakan pemasaran digital yaitu kesiapan dari segi sumber daya manusia dan sumber daya keuangan dalam mendukung kegiatan pemasaran secara digital. Namun, jika sumber daya keuangan sudah mendukung, sebaiknya menggunakan jasa social media marketing untuk melakukan pemasaran secara digital menggunakan media sosial. Selain pengelolaan yang lebih profesional, juga lebih hemat budget marketing.

Pengangguran menjadi suatu hal yang menghantui setiap negara di dunia ini, karena salah satu indikator kesuksesan suatu negara dapat diukur dari tingkat pengganggurannya. Semakin tinggi penggangguran pada suatu negara maka dapat dikatakan bahwa negara tersebut kurang berhasil dalam memberikan perhatian terhadap penduduknya. Sebaliknya semakin rendah pengangguran pada suatu negara maka dapat dikatakan bahwa negara tersebut termasuk berhasil dalam memberikan perhatian terhadap penduduknya.

Untuk meningkatkan jumlah wirausaha maka perlu ada langkah-langkah serius dari pemerintah seperti memasukan materi kewirausahaan dalam dunia pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi sehingga muncul jiwa kewirausahaan sejak dini, memberikan penghargaan kepada wirausaha yang berhasil dan melakukan pemerataan pembangunan. Bahwa terdapat tiga pilar yang menjadi kunci untuk mendukung pertumbuhan jumlah usaha, yakni ketersediaan marketplace, dukungan pembiayaan, dan pengelolaan logistik. Kemudian selain tiga pilar tersebut bahwa pengusaha yang sukses harus bisa berkreasi dan berinovasi dengan membawa cita-cita, motivasi, komitmen, semangat, keuletan, integritas, semangat kerjasama dan visi dalam menjalankan usaha.

Ketika usaha sudah berjalan maka perlu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha. Untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha maka salah satu faktor yang diperlukan adalah pemasaran yang handal, entah itu merekruit orang yang profesional di bidang media sosial atau menggunakan jasa social media management dalam pengelolaannya. Karena dalam kewirausahaan perlu kreatifitas dan inovasi ketika memasarkan suatu produk atau jasa dari usaha. Tanpa pemasaran yang matang dan handal maka usaha bisa mengalami kemunduran atau kegagalan, apalagi di era Industri 4.0 saat ini dan menuju era Society 5.0, semua lini sudah mulai bertransformasi dari konvensional ke digital dan Internet of Thing (IoT)

Komentar

Postingan Populer