Prinsip Pemasaran Sosial

Pada dasarnya pemasaran sosial merupakan penerapan dari konsep dan teknik pemasaran yang bertujuan untuk mendapatkan manfaat sosial. Prinsip dan kegiatan kegiatan pemasaran sosial tidak berbeda jauh dengan pemasaran komersial dalam penggunaan teknik analisis yang meliputi analisis riset pasar, pengembangan produk, penentuan harga (keterjangkauan) dan periklanan atau promosi (Maulana:2009). Saat ini, periklanan atau promosi sudah mengandalkan jasa social media marketing untuk menjangkau konsumennya di media sosial.

Menurut Glanz (2008) terdapat perbedaan antara pemasaran komersial dengan pemasaran sosial yaitu:

1. Penggunaan produk sosial sering kali lebih rumit

2. Produk sosial sering kali lebih kontroversial

3. Keuntungan produk sosial tidak segara tampak atau tidak dapat untuk langsung dirasakan

4. Saluran distribusi produk sosial sulit untuk digunakan atau dikontrol

5. Sulitnya pasar produk sosial untuk dianalisis

6. Sasaran produk sosial memiliki sumber yang sangat terbatas

7. Ukuran keberhasilan penjualan atau adopsi produk sosial lebih berat dibandingkan dengan produk komersial.

Prinsip-prinsip tersebut sangat diandalkan oleh para pemasar online, khususnya yang menawarkan jasa social media marketing yang mana fokusnya adalah meningkatkan kegiatan pemasaran di media sosial.

Komentar

Postingan Populer